Dopamine Detox

 


Apa itu Dopamine?


Dopamine adalah hormon yang mendorong manusia untuk selalu mendapat kebahagiaan. Hormon dopamine sangat penting bagi manusia. Dan juga bisa sangat merugikan. Yang akan gw bahas disini adalah dopamine yang umumnya menguntungkan namun bisa merugikan. 


Hormon dopamine bisa memicu kecanduan untuk selalu mencari kebahagiaan. Dan sebagian besar kebahagiaan orang-orang bisa berasal dari handphone (hp). Ada yang bahagia ketika ngescroll socmed, lihat meme di socmed, nonton film bajakan di website streaming padahal udah tau kalau itu ilegal, bahkan menonton film sedih pun termasuk sebuah kebahagiaan yang bisa menghilangkan kejenuhan sejenak.


Kegiatan yang gw sebutkan diatas biasa dibilang dengan istilah "kebahagiaan instan" dalam penjelasan dopamine detox kali ini. Jadi, dengan handphone, hormon dopamine akan terus mendorong manusia untuk mendapatkan kebahagiaan instan. 


Misal, kita lagi stres atau pusing karena pekerjaan yang sedang dikerjain, trus cape + bosen. Hanya dengan membuka hp, kita udah bisa nemuin kebahagiaan-kebahagiaan instan yang telah gw sebutin. Buka hp> buka socmed > liat meme / liat postingan orang lain. Socmed juga bukan satu atau dua. Ada banyak jenis socmed yang bisa diinstal di hp, seperti facebook, instagram, twitter, reddit dan masih banyak lagi. Sehingga akan terjadi sebuah siklus yang dimana, ketika telah selesai scroll beranda di fb, pindah ke ig, dari ig ke twitter, dari twitter pindah lagi ke fb, karena mungkin udah ada postingan baru di fb.


Gitu aja terus sampe 50% Tardigrada lenyap dari muka bumi.


Tanpa disadari, itu telah membuang banyak waktu kita. Dan membuat kita mengabaikan pekerjaan yang sedang dikerjain hanya untuk kebahagiaan-kebahagiaan instan tersebut. Nahh, perilaku impulsif tadi akan membuat kecanduan dan akan merugikan jika itu dilakukan dalam waktu jangka panjang.


Misal (lagi), jika kita lagi ngerjain tugas, trus stres dan  pusing. Untuk ngilangin stres dan pusing kita harus bisa nyelesain tugas, yang dimana itu adalah pemicu kenapa kita bisa stres dan pusing. Maka, dengan nyelesain tugas, stres dan pusing itu akan hilang. Tapi, untuk nyelesain tugas ga bisa dengan cara instan, artinya butuh banyak waktu untuk bisa nyelesain tugas, akibatnya kita akan mencari sesuatu yang instan agar stres dan bosen itu bisa hilang.


Masalahnya, jika kita melakukan hal yang gw jelasin di atas, dan membuang banyak waktu kita untuk kebahagiaan instan tersebut. Artinya, tugas kita ga akan selesai-selesai. Itu juga akan menyebabkan stres kita makin bertambah karena tugas kita ga selesai-selesai. Dan untuk ngilangin stres kita itu dengan cepat karena tugas kita ga selesai-selesai, maka kita akan melakukan kebahagiaan instan itu lagi. Dan jika kita  melakukan kebahagiaan instan itu lagi, kita akan membuang banyak waktu sehingga tugas kita ga selesai-selesai lagi, kita akan tambah stres karena tugas kita masih belum selesai-selesai.


Yaa gitu aja trus sampe 50% Tardigrada lainnya juga lenyap dari muka bumi.


Lanjut...


Apa itu Detox


Detox adalah membersihkan/menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh. 


Dopamine detox bukan berarti  membersihkan/menghilangkan dopamine yang ada pada manusia. Dopamine detox adalah metode reset otak. Yaitu mereset kembali otak agar tidak kecanduan dengan kebahagiaan-kebahagiaan yang bisa didapat secara instan melalui hp.


Dengan metode dopamine detox kita akan merasakan bagaimana kebahagiaan yang tercipta dari anak-anak tahun 90-an kebawah, ketika mereka merasa stres dan bosen ketika ngerjain pekerjaan. 


Bagaimana caranya?


- Kalo dari gw simpel aja. Mungkin lawan dari kebahagiaan instan. Yaitu kebahagiaan yang didapat dengan cara tidak instan. Misal (lagi dan lagi). Jika kita sedang ngerjain tugas, trus stres dan bosen. Kita bisa mendapatkan kebahagiaan dengan cara olahraga, main rubik, main catur, nyari harta karun One Piece, ngalahin Madara, bermain tic tac toe, minum coklat panas dan menyelesaikan puzzle. Pokoknya kebahagiaan yang ga didapat dengan cara instan.


Lagi berlayar nyari harta karun One Piece karena stres ngerjain tugas. Ga sadar ternyata udah satu tahun berlayar, akhirnya ketemu juga harta karun One Piece. Karena udah bahagia stres ilang, lanjut lagi deh ngerjain tugasnya. Ehh, pas ngumpulin tau-tau udah naik kelas. Kan lumayan mwehehe


- Jauhi hal-hal yang bisa membuat kebahagiaan itu didapat secara instan. Seperti hp, hp, ataupun hp. Jauhi hp saat ngerjain tugas juga gw bahas di sini.


- Cobalah membuat jadwal kegiatan sehari-hari. Misal setiap 6 jam hanya bisa megang hp selama 7 jam 30 menit. Atau membuat reward ketika selesai melakukan perkerjaan. Kalau ini sih, lebih tepatnya langsung nyelesain pekerjaan yang kita kerjain. Yang jelas stres yang diakibatkan oleh ngerjain tugas itu langsung ilang. Kalau mau ya bisa kasih reward ke diri sendiri. Seperti, bisa megang hp kalo kerjaannya udah selesai atau apapun yang membuat kita bahagia. Yang penting udah ngerjain tugas.


Yang jelas itu akan sangat sulit pada saat awal-awal. Tapi lama-lama kalian akan terbiasa.

Seperti kata pepatah:

Sepandai-pandai tupai melompat

Bersenang-senang kemudian


Dah, 

Semoga ketemu lagi di tulisan lainnya

Semoga:)) 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.