√ Motivasi Menulis Dari Gua Untuk Gua - Muhammad Faruq

Motivasi Menulis Dari Gua Untuk Gua


Nb: Gua hidup di zaman dimana teknologi sudah berkembang pesat. Jadi, kata nulis atau sejenisnya disini memiliki 2 arti:


- Memang nulis pada umumnya

- Ngetik di platform tertentu


...


Jadilah seorang penulis. Kalimat disamping termasuk teks?


Yaa teks disamping termasuk Teks Persuasif. Teks Persuasif adalah tunggu... *ngesearching di Google... Dan ok, Teks Persuasif adalah sebuah teks yang berisi ungkapan bujukan, rayuan, ajakan, dan imbauan. Secara tidak langsung kalian dibujuk, dirayu, diajak, dan diimbau untuk menulis dari gua yang jarang menulis hehee. 


"Menulis adalah kegiatan yang bisa membuat namamu menjadi abadi" Yaa, banyak penulis yang berkata seperti itu. Sebelum menulis, biasakanlah diri kalian untuk membaca. Agar nanti kalian bisa mempunyai patokan bahwa jika menulis itu harus begini, dan jika menulis ini harus begitu. 


Apakah itu Copas? 


Hmm kalau copas kata-kata sih enggak tapi mungkin lebih tepatnya copas ide.


Apakah itu salah? 


Tentu saja tidak. Gua percaya, kebiasaan itu hanya bertahan pada tahap tahap awal saja. Jika keahlian menulis kalian sudah maks, maka tulisan kalianlah yang akan dicuri orang lain untuk dijadikan ide dari tulisannya.


Jadi, teruslah menulis sampai masa itu tiba. Dan jika masa itu tiba, tetaplah menulis karena masih banyak yang membutuhkan tulisan kalian. 


Mungkin dalam sehari ada ratusan kalimat yang kita ketik lewat chat di WA untuk dikirim ke doi. Secara tidak langsung itu sudah termasuk menulis. Tapi, apakah chattingan termasuk kegiatan produktif? Tentu tidak, apa yang dapat kita peroleh dari itu? Itu hanyalah sebuah pembicaraan kosong yang dimana si Jari pada saat itu menggantikan tugas dari si Mulut. Bayangkan betapa capeknya si Jari yang melakukan tugasnya dengan baik tapi ternyata yang dilakukannya itu sia-sia. Bayangkan perasaan si Jari. Dan bayangkan perasaan keluarga si Jari... 


...


Maka dari itu, menulislah dalam bentuk yang bermanfaat. Bayangkan jika ratusan kalimat yang kalian tulis saat mengetik di chattingan. Kalian salurkan ke sebuah karya. Untuk menulis juga tidak perlu berfikir terlalu banyak. "Mulailah dengan menceritakan hal kecil tentang dirimu dan pengalamanmu" Begitulah yang dikatakan JK. Rowling. 


...


Dan mulailah menulis untuk diri kalian sendiri bukan untuk orang lain. Jika kalian menganggap bahwa tulisan yang kalian buat untuk kalian sendiri, maka kalian tidak akan menghiraukan apa yang dikatakan orang lain tentang apa yang kalian tulis. Dan seperti yang saya katakan tadi, itu hanyalah terjadi pada tahap awal-awal saja. Lama kelamaan jika tulisan kalian tersebar, pasti ada setidaknya satu orang yang se frekuensi dengan kalian. Jadi seakan-akan kalian sedang berkomunikasi dengan orang yang menikmati tulisan kalian. 


Dan setelah terbiasa menulis tentang hal kecil yang sebenarnya tidak bermanfaat sama sekali, barulah kalian mulai-mulai atau coba-coba menulis suatu yang bermanfaat dan niatkan itu untuk ibadah, InsyaAllah itu akan menjadi amal jariyah kalian kelak! 


Sedikit motivasi dari gua


Gua awal-awal nulis untuk diri gua sendiri yang isinya hal-hal kecil tentang kehidupan gua yang sama sekali tidak berguna untuk dibaca. Dan setiap gua nge baca tulisan gua, gua selalu tidak pernah menganggap bahwa gua yang nulis tulisan itu. Baik itu tulisannya bagus ataupun jelek. Gua menganggap bahwa tulisan ini ditulis oleh orang lain. Tujuannya apa? Supaya gua bisa nulis lebih baik lagi dari tulisan gua yang terbaik.


Jadi gua ga pernah nganggap tulisan gua yang bagus atau jelek. Bahwa gua yang nulis tulisan itu. 


Terakhir ada motivasi mungkin dari gua hehee


" Menulislah, seakan-akan tulisanmu sangat dibutuhkan semua orang "


InsyaAllah dengan tulisan gua kali ini, bakalan membuat gua rajin nulis hehee

Get notifications from this blog

4 komentar

  1. Mantap gan terima kasih atas motivasinya

    BalasHapus
  2. Konten nya sangat bagus, Optimasi kecepatan pageload blog nya, bisa ditingkatkan lg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok, InsyaAllah akan saya usahakan
      Terimakasih atas sarannya (:

      Hapus