Rubik



Rubik adalah sebuah permainan teka-teki mekanik yang ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Erno Rubik wikipedia. Bermain Rubik membutuhkan kerjasama antara jari-jari, otak, mata, tangan, pembuluh nadi, 12 pasang tulang rusuk, sistem pencernaan, dll. Sebuah kebanggaan tersendiri jika bisa ngesolve rubik a.k.a nyelesain rubik. Perlu proses juga untuk bisa nyelesain rubik. Proses yang sangat mudah jika sudah hafal beberapa rumusnya, dan proses yang sangat sulit jika tidak tahu rumusnya.


Sedikit cerita kenapa gw bisa tertarik untuk nyelesain benda kotak-kotak yang berbentuk kubus dalam keadaan teracak ini atau benda kubus-kubus yang berbentuk kotak dalam keadaan teracak ini, yaa kek gitulah. Bermula dari media sosial YouTube. Waktu itu gw lagi ngescroll-scroll beranda YouTube dan muncul video dimana menampilkan sebuah pertandingan Clash Royale di ajang CRL Asia, yang dimana Chaos Theory (Indonesia) melawan KIX (Korea gatau Korea bagian selatan atau utara) pada saat itu. Yaa bukan video itu yang gw maksud. Tapi yang dibawahnya, yaitu video yang menampilkan seorang speedcuber Feliks Zemdegs asal Australia yang hanya membutuhkan waktu 3-8 detik untuk menyelesaikan sebuah Rubik 3x3. Video ini tidak memotivasi gw untuk menyelesaikan Rubik 3x3 dengan waktu yang cepat tapi video ini hanya memotivasi gw untuk bisa nyelesain Rubik 3x3. Jenis rubik ada banyak, kalian bisa search di Google. Ada yang bentuknya ngotak!!! (kubus) dan bisa diterima dipikiran gw seperti Rubik 2x2, 4x4, 5x5, 6x6, 7x7. Dan ada juga bentuk rubik yang nggak ngotak!!!(selain kubus) dan tidak bisa diterima dipikiran gw seperti Rubik Mirror, Square-2, Master Skewb, Windmill Cube, Octahedron, Megaminx dan masih sangat banyak (emang otak gw kadang sulit menerima kenyataan, aseekk).


Besoknya gw nanya-nanya ama kawan gw dan ternyata ada kawan gw dari SD pisah di SMP dan nyatu lagi di SMA. Dia punya satu Rubik 3x3 katanya. Gw berniat untuk meminjamnya dan ternyata dia mau meminjamkannya. Gw ingat, waktu itu pandemi Covid-19 baru masuk ke Indonesia yaa sekitar Februari Maret lah dan belum nyampe juga ke daerah kami tapi Sekolah kami diliburkan esok harinya. Gw bilang akan mengembalikannya pada saat libur berakhir.  Tapi sampai sekarang, libur tak kunjung berakhir dan rubiknya masih ada di tangan gw dan warna nya juga sudah sedikit pudar #salahgw. Setelah pulang dari rumahnya, gw langsung nyari tutor. Gw searching di YouTube How tu solp e Rubik 3x3. Dan dalam 1 hari gw udah bisa nyelesain Rubik 3x3 dalam waktu 1 menit lebih yang kalau dibandingin sama Feliks Zemdegs, dia udah nyelesain 20 dan gw baru 1. Setelah itu, gw buat video gw main rubik dan melihatnya ke kawan-kawan gw. pamer trooss... woya jelas!.


...


290 hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 12 Maret 2020. Gw memutuskan pergi ke kota hanya untuk membeli rubik 3x3 agar rubik kawan gw tadi juga punya kawan walaupun akhirnya akan berpisah hiks hiks. Di toko, gw melihat setumpukan rubik 3x3 dari jauh, gw akhirnya tertarik untuk PDKT ke tempat setumpukan rubik 3x3 tersebut, dan terjadilah perbincangan antara gw dengan salah satu rubik disana.


Setelah perbincangan yang agak lama, gw memutuskan untuk memilih rubik itu sebagai benda yang berhasil membuat otak gw sedikit error.



Akhirnya gw punya rubik 3x3 sendiri dari uang sendiri juga. Gw waktu itu ga tahu kalau semua jenis rubik ternyata ada mereknya, dan ada juga kategori rubik yang namanya Speedcube Rubik, rubik yang bisa dimainin dengan cepat, biasanya unggul dalam putaran, corner cut, corner reverse. Dari putaran pertama saat gw main rubik sampai putaran ke... (pokoknya sampe Bulan Ramadhan lah), rubiknya masih enak dimainkan/masih licin. Gw berhasil nyelesainnya dibawah 1 menit. Dan sejak saat itu gw jadi sering mainin rubik kalau ada waktu luang. Tapi setelah Bulan Ramadhan gw jadi jarang mainin, tapi gw juga agak sering mainin sihh hehee. Jadi, selama 290 hari gw cuma merawat rubik gw 2 kali hehee. Dan sekarang rubik gw udah agak lengket-lengket. Tapi kalau dicuci, rubiknya akan licin lagi. Ya gw agak sedikit malas juga buat nyuci rubik karna rubiknya harus dibongkar dulu. Jadi udah beberapa hari gw biarin, kami udah ga saling kenal, kami jarang contact an mungkin dia ngambek sama gw. Dan... Ok, gw harus ngulangin lagi dari awal eee ya sebaiknya gw ulangin dari awal.


Rubik adalah sebuah permainan teka-teki mekanik yang ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Erno Rubik wikipedia. Eee ngulangin dari awalkan? Hehee dahlah...


It's time to crush solve a Rubik


Dah, 

Semoga ketemu lagi di tulisan lainnya

Semoga:)) 

4 komentar:

  1. Hahahaha, saya gak suka permainan ini, tapi saya suka rubik sebagai barang, hiasan, menarik karena warna² nya.

    Beberapa x sy nyoba main, malah bikin kesel sendiri ..
    Mungkin saya lebih senang tidak cari masalah, tapi ketika ada masalah ya mau gak mau ada di depan dihadapi, kalau gak ya gak selesai. Tapi ketika sy hanya cari masalah (rubik), hmm gak lah, mending nonton keahilan orang² bermain, itu lebih menyenangkan hati.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.